Pemilih Perempuan Jadi “Incaran” , KPU Minahasa Datangi Remboken

(Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meydi Y. Tinangon, dalam pemaparannya)

REMBOKEN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, kemarin menggelar Sosialisasi yang ditujukan terkhusus bagi Pemilih Pemerempuan yang ada di Kabupaten Minahasa, yang pada kesempatan ini Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meydi Y. Tinangon datang menyambangi Kecamatan Remboken secara langsung. Senin (7-5-2018)

(Ketua KPU Kabupaten Minahasa Meydi Y. Tinangon, dalam pemaparannya)

Hal ini dilaksanakan oleh KPU, dilatar belakang demi meningkatnya partisipasi Masyarakat dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 di Kabupaten Minahasa, yang pada awalnya KPU Minahasa sudah memberikan sosialisasi kepada Pemilih pemula, Organisasi Masyarakat (Ormas), Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama.

Dalam pemaparannya Tinangon menyampaikan, hak dan kewajiban berpolitik antara laki – laki dan perempuan pada dasarnya sama.

“Sejak dulu perempuan Minahasa telah menunjukan peran yang besar dalam memimpin atau menentukan pemimpin, ” ungkap Tinangon sambil mencontohkan tokoh Maria Walanda Maramis pejuang keterwakilan perempuan di lembaga legislatif, Minahasa Raad atau Dewan Minahasa di era kolonial.

Selanjutnya Tinangon yang digadang – gadang akan segera melanjutkan pengabdiannya di KPU Provinsi Sulawesi Utara berharap, kiranya peran aktiv dari pemilih perempuan pada gelaran Pilkada Minahasa tahun 2018 ini akan meningkat.

“Selain menngunakan hak pilih,¬† pilihan peran lainnya bagi perempuan adalah dengan menjadi penyelenggara Pemilu, menjadi pengawas atau pemantau ataupun juga turut memainkan peran sebagai insan peneduh dan pembawa suasana damai, di masa Pilkada yang dimulai dari relasi dan komunikasi ibu dengan suami dan anak-anak” tuturnya. ***

Penulis : Riedel Memah