World AIDS Day, GAMKI Sulut Gelar Kampanye

Ketua GAMKI Sulut, Debby Suma.
Ketua GAMKI Sulut, Debby Suma.

MANADO – Memperingati hari AIDS se dunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, GAMKI Sulut mengagendakan kegiatan kampanye tolak stop stigmatisasi dan diskriminasi ODHA (Orang dengan HIV AIDS), Sabtu (1/12).

Kegiatan yang akan dilaksanakan di Gereja GMIM Sentrum Manado tersebut mulai jam 8 pagi dengan tema KNOW YOUR STATUS BREAKING BARRIER, BUILDING BRIDGES.

“Kegiatan sosial ini diawali dengan doa bersama di halaman gereja GMIM Sentrum Manado, sebelum GAMKI Sulut mengkampanyekan tolak stop stigmatisasi dan diskriminasi ODHA (Orang dengan HIV AIDS),” kata Ketua GAMKI Sulut, Debby Suma, kepada Manadoline.com, Jumat (30/11).

Menurut Debby, selain kegiatan kampanye GAMKI Sulut menggelar pemerikasaan kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Manado.

“Ada kegiatan pengobatan gratis serta donor darah yang dilakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PMI Kota Manado,” jelasnya.

Debby yang didampingi Sekretaris Beidy Dokal, menegaskan kegiatan ini merupakan bentuk solidaritas dan kepedulian GAMKI SULUT terhadap HIV/AIDS yang telah menjadi persoalan kemanusiaan.

Kampanye ini juga merupakan wujud keprihatinan atas tindakan stigmatisasi dan diskriminasi yang justru menjadi bagian dari tindakan membunuh penderita dengan cara-cara yang lebih keji daripada daya bunuh penyakit AIDS itu sendiri.

“Dibunuh dengan rasa bersalah, takut dan malu bahkan selama bertahun-tahun mereka tidak berani keluar rumah hingga kematiannya. Perlakuan tak adil kadang juga dialami para anggota keluarga, kerabat dan sahabat dekat ODHA,” tegasnya.

Menjadi warning bagi generasi muda, generasi milenial yang diharapkan sehat, hebat dan cerdas, maka harus mewaspadai bahaya narkoba, seks bebas, kekerasan, radikalisme.

“Untuk HIV/AIDS jauhi penyakitnya bukan orangnya. GAMKI mengajak masyarakat khususnya generasi muda bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini,” kuncinya. (ml)